Tips Membangun Roof Garden
Tips Membangun Roof Garden

Tips Membangun Roof Garden

Diposting pada

Tips Membangun Roof Garden – Mempunyai tempat tinggal dengan tempat terbatas bukan bermakna dapat batasi kemauan Anda untuk mempunyai tempat taman hijau. Ide roof garden sudah lama dikenali, tetapi akhir-akhir ini mulai jadi trend design di perkotaan. Aplikasinya bisa disaksikan pada gedung perkantoran, mal, restaurant, atau hotel. Bahkan juga, sudah memasuki ke perumahan.

Tidak cuman berperan menolong kurangi pemanasan global, ide roof garden dipandang memberi visual yang kekinian dan modern pada bangunan. Oleh sebab itu Rekomendasi.my.id akan memberikan gambaran mudahnya bagaimana kita bisa membangun roof top garden agar lebih maksimal secara fungsional.

Tips Membangun Roof Garden

Tips Membangun Roof Garden
Tips Membangun Roof Garden

Nah, untuk Anda yang ingin membuat nuansa modern pada tempat tinggal, membuat roof garden tidak susah, kok, seandainya tahu dan memerhatikan setiap tingkatan penyelesaiannya.

1. Membuat cor beton

Hal pertama yang perlu Anda kerjakan ialah membuat atap cor beton. Yakinkan susunan atap tempat tinggal lumayan kuat untuk meredam beban. Karena cor beton harus meredam beban tempat tanam seperti tanah, tanaman, furniture dan beban rutinitas pemakai taman.

Salah penghitungan bisa beresiko pada ambruknya bangunan. Sesudahnya Anda bisa melapis dak dengan lantai kayu supaya gampang perawatannya.

2. WaterProofing

Lapisi dak dan bak tanam memakai waterproofing. Maksudnya untuk menahan air merembes ke ruang di bawah atap. Disamping itu membuat perlindungan tulang besi pada balok kolom dan lantai.

3. Cermati aliran drainase

Tanaman pada roof garden pasti memerlukan perawatan. Karenanya, Anda harus membuat instalasi air bersih yang tersambung langsung ke pompa air atau bak tempat penampungan air untuk sumber menyirami tanaman.

Disamping itu, Anda pun harus memerhatikan instalasi air buangan. Buat instalasi air kotor yang terhubung dengan pinggir dak paling rendah, lalu sambungkan ke pipa talang air ke arah bak serapan di tanah dan ke aliran pembuangan air.

4. Tinggi lapisan wadah tanam

Untuk tempat tanam, buat tinggi susunan tanah cukup 5-15 cm saja. Susunan paling bawah adalah ijuk atau serabut kelapa yang berperan meredam sekalian memfilter air yang merembes dari pasir dan tanah.

Di atasnya, tambah berurut susunan kerikil, susunan kombinasi tanah dan kompos, dan susunan teratas berbentuk rumput dan tanaman sesuai dengan selera.

5. Tentukan tanaman yang sesuai

Pilih tanaman untuk roof garden jangan asal-asalan karena ada resikonya. Beberapa macam tanaman yang bisa Anda tentukan, misalkan tanaman dengan perkembangan lamban, seperti pandan, lidah mertua, lili paris, atau kucai mini.

6. Dekorasi taman

Mempercantik penampilan roof garden Anda agar digunakan optimal, tidak cuma untuk taman hijau, tapi dapat dipakai untuk tempat berelaksasi.

Selain mempercantik rumah , roof garden jugasebagai bantuan sirkulasi udara agar tidak mengganggu kesehatan anggota keluarga.

Anda mempunyai sirkulasi udara yang bagus? Bila belum, berhati-hati! Karena rumah dengan sirkulasi jelek lebih beresiko buka kesempatan timbulnya sel kanker paru pada tubuh sang penghuni.

Risiko timbulnya sel kanker paru-paru akan makin besar jika rumah mempunyai sirkulasi yang jelek. Karena, rumah dengan sirkulasi jelek akan mengakibatkan udara polusi yang dibuat dari di rumah terjebak. Pada akhirnya penghuni juga mengisap udara yang tidak bersih dari waktu ke waktu. Saat sirkulasi tidak bekerja secara optimal, udara polusi akan terjebak dan yang tinggal di rumah bisa mengisapnya tiap hari. Hal tersebut yang membuat sel kanker bisa tumbuh pada tubuh penghuni.

Sama seperti yang telah dijumpai, sirkulasi berperan untuk menyalurkan udara di luar ke ruang atau kebalikannya, hingga ada penggantian udara yang bersih dan sehat untuk dihirup. Karena itu adanya sirkulasi, kelembapan dan temperatur akan selalu terlindungi, hingga memberi dampak nyaman untuk sang penghuni.

Disamping itu, sirkulasi bermanfaat sebagai aliran keluarnya pencemaran yang terjadi dari di rumah. Misalkan saat mengolah. Dokter Elisna menerangkan jika uap dari minyak goreng cukup beresiko untuk pernafasan. Dia juga merekomendasikan untuk buka jendela saat mengolah supaya uap yang dibuat dari minyak itu bisa menebar ke udara bebas.

Ada juga sebagai penghalang perputaran udara di dapur biasanya disebabkan karena tatanan letak. Umumnya, dapur ada pada bagian belakang rumah, hingga kehadiran jendela benar-benar minim. Oleh karenanya, penempatan exhaust benar-benar diusulkan ingat alat seperti kipas ini bermanfaat untuk jaga perputaran udara disekitar ruang.

Rumah dengan sirkulasi baik ialah mempunyai ukuran 5% dari jumlahnya luas lantai ruang dan 80 – 100cm dari plafon rumah jadi peletakan yang bagus untuk menempatkan sirkulasi.

Disamping itu, lihat juga sirkulasi di ruangan tertentu, seperti pada kamar mandi dan dapur. Dua ruangan itu adalah ruangan yang mempunyai kelembapan lumayan tinggi dan dianjurkan ruangan itu mempunyai sirkulasi yang cukup.

Tidak kecuali tinggal di rumah dengan sirkulasi yang jelek, faktor yang lain pemicu kanker paru beresiko oleh perokok aktif, perokok pasif, orang dengan cerita turunan kanker, orang yang tinggal di dekat pabrik atau orang yang tinggal di wilayah terpolusi tinggi.


Penelusuran Terkait : Tips Membangun Roof Garden Terbaru | Tips Membangun Roof Garden Terlengkap | Tips Membangun Roof Garden 2018 | Tips Membangun Roof Garden 2019 | Tips Membangun Roof Garden 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.