Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Drop
Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Drop

6 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Drop

Diposting pada

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Drop – Laptop sepertinya sudah menjadi bagian penting untuk sebagian orang. Memiliki baterai yang awet, akan membantu pengguna dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dengan sempurna. Ada sekiranya 6 penyebab baterai laptop cepat habis dan drop, jika hal tersebut tidak dihindari maka bisa saja Anda menyesalinya di kemudian hari.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Drop

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Drop
Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Drop

Baterai laptop menjadi bagian penting yang harus dijaga keawetannya. Terlebih lagi sekarang ini banyak laptop yang menggunakan jenis tanam, sehingga akan lebih sulit jika rusak dan harus menggantinya. Agar terhindar dari hal-hal tersebut, ketahuilah beberapa penyebab berikut ini:

1. Laptop Digunakan Terlalu Lama

Peggunaan laptop yang terlalu lama akan membuat baterainya menjadi cepat habis dan panas. Terlebih lagi jika digunakan sampai batas terendahnya dan juga membuat komponen-kompnen di dalam ikut rusak. Sehingga, baterai cepat drop dalam waktu singkat.

Untuk menghindari hal tersebut, gunakan laptop sewajarnya. Jika baterai sudah dirasa hampir habis, istirahatkan laptop terlebih dahulu dan charger baterai dalam keadaan mati.

2. Penggunaan Laptop saat Baterai Sedang di Charger

Agar baterai laptop tetap awet, jangan biasakan menggunakannya sambil dicharger. Jika dalam keadaan mendesak, gunakan dengan cara tepat dan seperlunya saja. Penggunaan laptop sembari melakukan charging juga membuat baterai mengeluarkan energi berat.

Hal tersebut dikarenakan mengisi daya di saat yang bersamaan. Akibatnya, resiko kebocoran pada baterai juga akan lebih besar. Untuk menghindarinya, charge laptop dalam kondisi mati dan cabut colokan ketika dirasa penuh. Setelahnya, Anda bisa menggunakan dengan sewajarnya saja.

3. Laptop Digunakan untuk Pekerjaan Berat

Penyebab baterai laptop cepat habis dan drop berikutnya bisa jadi dari jenis laptop yang memiliki spesifikasi berbeda. Ini juga akan berpengaruh pada batas kinerja beban pada energi. Jika laptop memiliki spesifikasi baik, pekerjaan berat tidak menjadi masalah untuk dikerjakan.

  • Cek : Kumpulan Blog dan Rekomendasi Kalian

Namun, jika laptop memiliki spesifikasi rendah dan dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat, yang terjadi adalah komponen-komponennya bisa menjadi cepat rusak.

Akibatnya laptop akan lebih panas dan baterai lebih cepat terkuras. Oleh sebab itu, saat membelinya tanyakaan kepada swalayan komputerterlebih dahulu menganai batasan dan juga kapasitas yang aman untuk digunakan.

4. Tidak Mencabut Charger Ketika Baterai Full

Entah karena malas ataupun lupa, terkadang seseorang membiarkan baterai laptop penuh begitu saja tanpa mencabut colokannya. Ini akan menyebabkan listrik terus mengalir menuju baterai, sehingga membuat komponennya menjadi cepat rusak.

Jika sudah begini, bukan tidak mungkin baterai akan menjadi cepat habis bahkan drop ketika akan digunakan. Untuk menghindarinya, segeralah cabut charger laptop jika sudah penuh agar daya baterai tidak terisi melebihi kapasitasnya.

5. Membiarkan Aplikasi yang Tidak Terpakai Tetap Terbuka

Bukan hanya karena hardwarenya saja, namun coba perhatikan aplikasi pada laptop yang digunakan. Jangan membiarkan aplikasi tidak terpakai terbuka begitu saja, karena sistem laptop akan terus bekerja mengolah aplikasinya.

Jika sudah begini, baterai laptop juga akan ikut bekerja. Oleh sebab itu, segera tutup aplikasi yang tidak terpakai agar pemakaian daya baterai lebih efektif dan awet.

6. Kecerahan Layar Maksimal

Komponen laptop yang paling banyak mengonsumsi daya baterai adalah layarnya. Tidak heran jika terkesan lebih cepat habis jika tingkat kecerahannya diatur terlalu tinggi. Untuk menghematnya, sebaiknya atur tingkat kecerahan ke level rendah namun nyaman jika dipandang mata.

Dengan mengetahui penyebab baterai laptop cepat habis dan drop dari RekoMendasi.my.id akan membuat Anda lebih berhati-hati ketika menggunakannya. Ketahui semua spesifikasi yang dimiliki dan gunakan secara wajar tanpa melebihi kapasitas beban kerjanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.