Makanan Khas Indonesia
Makanan Khas Indonesia

8 Rekomendasi Makanan Khas Indonesia Wajib Kamu Coba!

Diposting pada

Makanan Khas Indonesia – Tak perlu jauh-jauh, kamu dapat rasakan beragam jenis berlibur hebat, dimulai dari rekreasi alam, jalanan pada tempat monumental, sampai berwisata kuliner makanan khas Indonesia. Ya, berlibur akan berasa kurang lengkap bila tidak mencicipi bermacam makanan khas Indonesia yang rasanya ditanggung buat nagih.

Sebetulnya, ada banyak makanan ciri khas beberapa daerah di Indonesia. Berikut blog ulasan terkait makanan Indonesia yang wajib dicoba!

Rekomendasi Makanan Khas Indonesia

1. Rendang

Makanan khas Indonesia yang pertama yakni rendang. Kamu tentu saja pernah mencicip kulineran yang ini, kan? Masalahnya makanan yang ini menjadi satu diantara hidangan khusus setiap Rumah Makan Padang yang berada di segala penjuru negeri. Ya, apa lagi jika bukan rendang.

Rendang sebagai masakan yang dari Minangkabau, dibuat dari masakan daging yang diolah dengan bumbu rempah.

2. Pempek

Bicara tentang makanan ciri khas Indonesia, tidak akan komplet bila tidak mengatakan Pempek Palembang. Makanan dengan bahan daging ikan dan tepung kanji ini kabarnya telah ada semenjak era ke-16 lho, Sahabat Daya tarik! Pempek jadi kulineran favorite warga, karena punyai rasa yang lengkap.

Ada rasa asam, manis, pedas, dan renyah. Pempek datang dalam beberapa macam, diantaranya pempek lenjer, bundar, kulit ikan, dan yang terpopuler ialah pempek kapal selam, yang berisi telur ayam.

3. Nasi Goreng

Siapa sih yang tidak mengenal dengan makanan yang Indonesia sekali ini? Karena sangat populernya, makanan ini sangat go-international dan kerap direferensikan ke orang asing yang baru pertama kalinya ke Indonesia. Rasa nikmat dari nasi goreng telah dianggap oleh dunia.

4. Gudeg

Kamu tentu sudah mengetahui kan jika Jogja juga dikenal bernama Kota Gudeg? Jika bertandang ke Jogja, rasanya kurang komplet bila belum makan gudeg atau dijadikan oleh-olehan untuk orang tercinta. Gudeg Jogja populer dengan rasanya yang manis dan dibuat dari nangka muda yang diproses dengan santan. Makanan ciri khas Jogja ini akan berasa lebih nikmat bila dikonsumsi dengan nasi hangat, kuah santan kental, ayam daerah, tempe, tahu, dan telur.

5. Nasi Liwet

Setelah puas melahap kulineran di Jogja, Sahabat Daya tarik dapat meneruskan rekreasi kulineran ke kota yang terletak lumayan dekat dengan Jogja, yaitu Kota Solo. Di sini, Sahabat Daya tarik dapat kembali menganakemaskan perut dengan melahap nasi liwet.

Sudah mengetahui donk tentu dengan kulineran yang ini? Nasi liwet ialah nasi yang diolah dengan santan dan punyai rasa yang renyah, serupa dengan nasi uduk. Nasi ini dihidangkan dengan suwiran ayam, areh (santan kental), dan sayur labu siam. Rasanya betul-betul renyah sekali. Pas dikonsumsi saat makan pagi atau makan malam.

6. Tengkleng

Kamu mungkin juga tidak asing dengan Tengkleng. Makanan berkuah yang dibuat dari tulang kambing ini memang jadi sasaran pelancong yang bertandang ke Solo. Ada narasi menarik lho berkenaan kulineran yang ini.

  • Baca Juga : Rekomendasi Kumpulan Kuliner di Indonesia

Kabarnya, di periode lalu cuman beberapa bangsawan dan orang Belanda lah yang sanggup melahap daging kambing, sedang beberapa juru masak dan karyawan cuman dapat makan kepala, kaki, dan tulang saja. Dari sanalah ada gagasan untuk memproses tulang-tulang dengan daging yang sedikit itu jadi kulineran yang serupa dengan gulai kambing. Selanjutnya, terbentuklah tengkleng dengan kuah yang lebih encer dibanding gulai.

7. Bakso

Inilah makanan ciri khas Indonesia yang dapat diketemukan di sebagian besar wilayah di Indonesia, dimulai dari kota besar sampai ke desa-desa. Makanan yang berbentuk bola daging ini umumnya dibuat dari kombinasi daging sapi giling dan tepung tapioka. Sekarang, bakso datang dalam tipe yang lebih variasi dan tidak selamanya berupa bundar lho. Satu jatah bakso umumnya akan dihidangkan dengan kuah kaldu dan dikasih topping berbentuk mie, tahu, bawang goreng, dan seledri.

8. Lumpia

Makanan khas Indonesia yang terakhir yakni lumpia. Kuliner nikmat yang ada belum habis nih. Jika awalnya telah ada makanan berat, waktunya Sahabat Daya tarik coba jajan yang populer dari Semarang, yaitu lumpia. Bila disaksikan dari sejarahnya, lumpia sebagai jajan tradisionil yang dari Tiongkok.

Lumpia sebagai hasil olahan dari tepung beras yang dibuat jadi lembar yang paling tipis selanjutnya dikasih beragam jenis isian, seperti rebung, telur, daging, sayur fresh, atau makanan laut.

Demikian rekomendasi makanan khas Indonesia yang wajib Anda coba yang telah dirangkum RekoMendasi.my.id dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat ya guys 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.