Keunggulan Listrik Prabayar Dibanding Pascabayar
Keunggulan Listrik Prabayar Dibanding Pascabayar

6 Keunggulan Listrik Prabayar Dibanding Pascabayar

Diposting pada

Keunggulan Listrik Prabayar Dibanding Pascabayar – Listrik menjadi kebutuhan wajib bagi setiap rumah tangga. Oleh sebab itu, memilih jenis berdasarkan daya guna serta anggaran yang dimiliki harus diperhatikan. Kali ini akan dijelaskan tentang keunggulan listrik prabayar dibanding pascabayar sebagai pertimbangan Anda.

Keunggulan Listrik Prabayar Dibanding Pascabayar

Keunggulan Listrik Prabayar Dibanding Pascabayar
Keunggulan Listrik Prabayar Dibanding Pascabayar

Listrik prabayar memang lebih banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Ini karena lebih ramah terhadap kelas menengah ke bawah. Mengapa demikian? Berikut ulasannya:

1. Tidak ada Biaya Bulanan

Pertama, keunggulan listrik jenis ini adalah bebas dari biaya bulanan untuk dibayar pelanggan. Itu dikarenakan memang sifatnya yang bayar dimuka baru pakai. Jika dibandingkan dengan sistem pascabayar yang harus mengeluarkan uang setiap bulan dengan nominal tertentu.

Di samping itu, Anda tidak perlu khawatir terhadap nominal pembayaran yang tidak menentu setiap bulanya seperti listrik pascabayar. Funsinya adalah berguna untuk mengontrol pengeluaran ekonomi rumah tangga agar lebih stabil.

2. Instalasi Lebih Murah

Selanjutnya, biaya instalasinya lebih terjangkau daripada listrik jenis pascabayar, karena pelanggan hanya perlu membayar ongkos pemasangan saja. Selain itu, uang jaminan sebagai bukti langganan saat pertamakali.

  • Cek : Kumpulan Blog dan Rekomendasi Kalian

Anda hanya wajib membayar biaya token listrik saja ketika membeli kuota yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga, akan mengajari Anda untuk berhemat serta tidak boros dalam menggunakan aliranya.

3. Lebih Aman

Keunggulan listrik prabayar dibanding pascabayar yakni memiliki sistem teknis tersendiri, sehingga dapat dikatakan lebih aman daripada pascabayar yang sering terjadi masalah serta bisa mencuri jaringan. Keamanan tersebut terletak pada lampu indikatornya akan menyala untuk memberi peringatan ketika terjadi konsleting.

Karena sistem yang ada, listrik di rumah Anda akan lebih kebal terhadap kebakaran dan masalah lainya. Selain itu,  hal tersebut sangat sulit untuk dibobol karena kode pembelian token yang berjumlah 20 digit itu hanya bisa diisikan ke 1 meteran saja.

4. Praktis dan Tidak Ribet

Anda akan merasakan semuanya serba praktis, cepat dan tidak ribet pada sistem ini. Terlebih tidak perlu lagi datang ke kantor PLN untuk melakukan pembayaran. Akan tetapi, yang perlu dilakukan adalah membeli token di tempat terdekat dengan lokasi rumah.

Bukan itu saja, tidak ada lagi petugas PLN yang datang ke rumah untuk melakukan pengecekan setiap bulanya, seperti pada sistem pascabayar. Hal ini sungguh tidak efektif karena mereka harus menempuh perjalanan jauh, membuang waktu serta menghabiskan biaya.

5. Tidak Ada Denda Keterlambatan

Dengan sistem ini, Anda tidak perlu khawatir terkena denda karena telat melakukan pembayaran berkala. Di samping itu, juga tidak terdapat denda biaya admin yang harus dibayarkan seperti pada listrik dengan sistem pascabayar.

Mungkin yang akan Anda alami adalah listrik hanya padam saja ketika token telah habis. Akan tetapi, jangan khawatir karena akan ada peringatan dari indikator lampu di meteran ketika kuota mau habis, sehingga harus diisi ulang.

6. Mengajarkan untuk Hemat Listrik

Listrik prabayar mengajarkan penggunanya agar bisa hemat listrik. Hal tersebut berbeda dari listrik pascabayar yang memungkinkan Anda untuk semena-mena dalam menggunakan aliranya. Dan juga tidak perlu khawatir tentang uang yang harus dikeluarkan setiap bulan.

Namun, Anda sebisa mungkin harus menggunakan listrik sesuai degan budget yang telah ditetapkan selama satu bulan. Sehingga, dapat membuat ekonomi lebih berkembang dan tidak membuat banyak pengeluaran.

Demikialah ulasan dari RekoMendasi.my.id mengenai keunggulan listrik prabayar dibanding pascabayar yang bisa Anda jadikan referensi, terutama untuk memilih sistem yang telah ada serta bisa menjadi sebuah peringatan dalam menghemat biaya sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.