Cara Tepat Memilih Adaptor Komputer yang Baik
Cara Tepat Memilih Adaptor Komputer yang Baik

Cara Tepat Memilih Adaptor Komputer yang Baik

Diposting pada

Adaptor Komputer – Adaptor komputer merupakan sebuah perangkat yang berguna untuk mengubah tegangan AC berkapasitas tinggi menjadi DC arus rendah. Dalam sebuah komputer, alat ini dibutuhkan oleh perangkat keras, misalnya seperti harddisk, fan, motherboard dan lain-lain.

Cara Memilih Adaptor Komputer

Cara Tepat Memilih Adaptor Komputer yang Baik
Cara Tepat Memilih Adaptor Komputer yang Baik

Untuk memilih adaptor yang bagus dan berkualitas tidak harus berpatokan pada harga mahal. Harga murah pun terkadang sudah bisa digunakan asal sudah sesuai ketentuan yang dibutuhkan. Berikut beberap cara memilih sebelum Anda membelinya:

1. Tentukan Jenis Adaptor

Sebelum membeli adaptor, pastikan terlebih dahulu jenis yang akan dipergunakan untuk peralatan elektronik. Misalnya digunakan untuk radio, walkman, mp3 player, efek gitar, mini ampli, laptop atau untuk komputer.

2. Lihat Spesifikasi

Lihatlah tulisan spesifikasi tertera pada perangkat elektronik, biasanya selalu ada label menempel pada bagian bawah perangkat elektronik, hal yang harus diperhatikan adalah nilai input volt, ampere (daya/kekuatan) dan +/- colokan (connector). Contoh: input 9V, 350mA, simbol + bagian tengah connector, – bagian lingkar luar connector.

Jenis-Jenis Adaptor Komputer

Untuk memperoleh produk adaptor berkualitas, Anda bisa membelinya secara online di RekoMendasi.my.id. Namun, ada beberapa variabel yang perlu diperhatikan yaitu tegangan output dan kemampuan arus outputnya. Dilihat dari tegangan outputnya maka adaptor dapat dibedakan dalam 2 jenis yaitu :

1. Adaptor Variabel

Merupakan adaptor yang memiliki tegangan output yang dapat diatur. Pada dasarnya tegangan output adaptor variabel adalah 1,5 volt,  3 volt, 4,5 volt, 6 volt, 7,5 volt, 9 volt dan 12 volt.

Pada adaptor komputer ini, dilengkapi dengan saklar selektor tegangan yang berfungsi untuk memilih tegangan output yang diinginkan. Ada yang berbentuk rotari dan berbentuk geser.

  • Cek : Kumpulan Blog dan Rekomendasi Kalian

Saklar pada bagian kiri berfungsi untuk mengatur polaritas kutub terminal output, sedangkan saklar bagian kanan berfungsi untuk mengatur tegangan output adaptor. Adaptor variabel yang terdapat di pasaran terdapat berbagai ukuran kapasitas arus, mulai dari 500 mA hingga 10 A.

Semakin tinggi kapasitas arus yang mampu dihasilkan, maka harga adaptor juga akan semakin mahal begitupun sebaliknya. Adaptor variabel ini juga merupakan alat yang didesain multi guna. Selain itu, juga mudah untuk digunakan.

Oleh sebab itu, tidak heran jika produk ini dilengkapi dengan saklar selektor untuk menentukan tegangan output, ini berfungsi untuk mengatur polaritas tegangan pada terminal output dan dilengkapi oleh terminal dengan beberapa model pilihan.

2. Adaptor Tegangan Tetap

Adaptor tegangan tetap merupakan alat yang memiliki tegangan output permanen atau tidak dapat diatur. Adaptor ini salah satunya adalah adaptor laptop atau charger ponsel. Kedua tersebut memilki tegangan output tetap dan sudah didesain sesuai dengan kebutuhan.

Oleh sebab itu, saat membeli adaptor tersebut perlu diperhatikan tegangan output, kapasitas arus dan terminal outputnya. Ini karena, umumnya berbeda untuk setiap tipe dan merk yang dimiliki.

Bahkan, adaptor laptop sendiri terkadang memiliki tegangan output berbeda meskipun merknya sama. Oleh karena itu, apabila salah membeli maka besar kemungkinan adapator tersebut tidak dapat digunakan.

Dalam artian, tegangan output tidak cukup atau kebesaran dan bentuk terminal output berbeda, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada perangkat yang disupply oleh adaptor tersebut.

Adaptor komputer merupakan komponen inti yang gunakan untuk menurunkan tegangan. Untuk membeli produk yang berkualitas, dapatkan secara online melalui RekoMendasi.my.id. Bukan hanya harga yang terjangkau, namun juga bergaransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.